Seringkali kita mengeluh karena satu hal kecil yang sangat menyebalkan ini yaitu munculnya jerawat. Tidak jarang kita kesal karena jerawat tetap saja muncul padahal kita sudah bersusah payah untuk menghilangkannya. Namun, perlu kamu ketahui, hal itu akan sia-sia saja jika kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu jerawat untuk muncul seperti dibawah ini,

1.    Malas membersihkan wajah 
Gambar terkait 
Ini adalah salah satu penyebab terutama wajah berjerawat. Ketika Anda tidur masih dengan wajah kotor, artinya Anda meminta wajah berjerawat.
Setiap malam wajah wajib dibersihkan, diberikan toner, dan pelembap ringan. Jangan lupa untuk menggunakan obat khusus jerawat untuk bagian-bagian wajah yang memerlukan.

2.  Pemilihan kosmetik yang salah

Pemilihan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo. Hal inilah yang menyebabkan kemunculan jerawat.
Jika kulit Anda memang rentan berjerawat, pilihlah jenis kosmetik yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Pastikan juga kosmetik pilihan Anda memiliki label non-komedogenik yang tidak menyumbat pori.

3.    Makanan yang berminyak.
 Hasil gambar untuk oily food
Makanan penyebab jerawat lainnya adalah makanan berminyak. Ya, makanan berminyak sepertti kentang goreng, keripik, dan gorengan, dapat membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Nah, peningkatkan asupan minyak ini selain membuat kulit Anda berminyak juga memicu pertumbuhan jerawat.
Asam lemak dalam makanan berminyak tersebut juga dapat meningkatkan peradangan, membuat jerawat yang sudah ada di wajah makin bertambah parah.
Namun, Anda tidak harus menyingkirkan makanan penyebab jerawat ini. Anda hanya perlu membatasi makan makanan penyebab jerawat tersebut dan mencuci wajah secara teratur.

4.    Pikiran yang stress
 Gambar terkait
Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stres dalam tubuh berlebih. Dalam keadaan stress, produksi hormon stress dalam tubuh akan meningkat.

Sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi peyebab stres.

5.   Pola tidur yang buruk atau kurang tidur.
 Hasil gambar untuk sleepy
Bagi anda yang biasa tidur terlalu malam, sebaiknya perhatikan nih info penting buat anda. Saat seseorang kurang tidur, maka ia akan mudah mengalami stres.

Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa salah satu faktor penyebab jerawat adalah stres. Selain itu, tidur terlalu malam juga dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya.

Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga jerawat dapat terbentuk dengan mudah.

Maka dari itu, cuckupilah waktu tidur anda. Karena saat anda tertidur, kulit akan melakukan regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, sehingga kondisi kulit anda dapat kembali normal.
6.  Terlalu sering menyentuh kulit wajah.
 Gambar terkait
Saat tangan anda menyentuh kulit wajah, mungkin saja pada saat itu tangan anda tidak dalam keadaan bersih. Akibatnya dapat menjadi media penyebaran kuman / bakteri yang dapat menjadi penyebab jerawat.

Maka dari itu, sebelum tangan anda menyentuh kulit wajah, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda benar-benar bersih.

Terlebih lagi jika di wajah anda sudah ada jerawatnya, jika anda menyentuh jerawat tersebut, besar kemungkinan jerawatnya akan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lainnya.